Wah, Jumat Kemarin Ratusan PNS Kota Kediri Bolos Kerja

Sedikitnya 636 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri, Jawa Timur (jatim), Jumat (14/5/2010), tidak masuk kerja dengan berbagai alasan. Mereka memanfaatkan momentum hari terjepit atau hari kerja di antara dua hari libur, yakni hari kenaikan Isa Almasih dan hari Sabtu.

Jumlah pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah Kota Kediri yang tidak masuk kerja itu diperoleh dari hasil inspeksi mendadak yang dilakukan oleh Inspektorat dan Badan Kepegawaian Daerah dibantu Satuan Polisi Pamong Praja.

Inspeksi dilakukan dua kali dalam sehari, yakni pada pagi dan siang hari, seusai shalat Jumat, yang merupakan jam rawan untuk membolos kerja. “Hasil inspeksi ternyata tidak mengecewakan. Hanya sekitar 10 persen PNS yang tidak masuk kerja hari ini. Itu pun tidak semuanya murni bolos kerja, kebanyakan sudah izin kepada atasan atau bisa mempertanggungjawabkan ketidakhadirannya,” ujar Asisten Administrasi Umum Wali Kota Kediri, Agus Wahyudi, kepada wartawan seusai memeriksa Kantor Bagian Umum dan Kantor Humas Pemkot Kediri.

Sebagai informasi, jumlah PNS di Kota Kediri berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Daerah sebanyak 6.362 orang, terdiri dari laki-laki 3.418 orang dan perempuan 2.944 orang. Jika yang tidak masuk kerja mencapai 10 persen, maka jumlahnya berarti 636 orang.

Agus mengatakan, tujuan diadakannya inspeksi adalah untuk mengetahui tingkat disiplin para pegawai di lingkungan pemerintah. Menurut dia, sejauh ini, tingkat disiplin pegawai tidak mengecewakan. Alasannya, meski jumlah yang tidak hadir cukup tinggi, yakni 636 orang, tidak semuanya murni bolos kerja. Banyak di antaranya yang menjalankan tugas luar kota, sedang menempuh pendidikan lanjutan atau pelatihan keterampilan, izin karena ada urusan keluarga, sedang cuti rutin, bahkan ada pula yang cuti hamil atau sakit.

Bagi PNS yang membolos dari pekerjaan tanpa alasan, pihaknya telah menyiapkan sanksi bagi pelaku sebagaimana diatur dalam peraturan perundangan. Sanksi paling ringan berupa teguran lisan dari atasan langsung, kemudian sanksi tertulis, dan terakhir sanksi pemecatan sebagai PNS jika pelanggaran yang dilakukan masuk dalam kategori berat. wah harpitnas neeeh… ref : surya

Iklan

2 responses to “Wah, Jumat Kemarin Ratusan PNS Kota Kediri Bolos Kerja

  1. izin share ya?